Delapan Tips browsing di warnet

Banyak hal atau peristiwa yang tidak kita inginkan saat kita melakukan browsing di warnet. Dari mulai password kita di ketahui orang, sampai tingkat yang paling merugikan yakni pembobolan kartu kredit yang kita miliki. Agar hal-hal yang tidak di inginkan tersebut terjadi pada diri atau teman-teman kita. Berikut ada delapan tips yang dapat di gunakan saat kita bermain internet di warnet.
Pertama, cari PC yang dalam keadaan mati ketika masuk warnet, atau jika terpaksa hanya ada PC yg sudah menyala, di restart dulu. Ini untuk menghindari PC yang sudah di pasang keylog oleh user sebelumnya, karena biasanya PC di warnet di pasang Deep Freeze maka setelah restart, semua log, software yang terinstall keylogger misal, akan lenyap atau tidak bisa berfungsi. Namun tips ini tidak berlaku jika yg memasang keylog adalah admin dari warnet tersebut.

Kedua, di flashdisk, jangan menyimpan password dan juga kredit card kita dalam file txt misalnya. Karena sangat mudah bagi admin atau operator warnet untuk memeriksa apa isi flashdisk yang kita miliki.

Ketiga, gunakan portable apps, misal portable firefox, portable thunderbird. Visit http://portableapps.com/. Jika memang terpaksa harus menggunakan browser dari PC warnet, setiap ada opsi untuk menyimpan password, selalu jawab dengan no or never. Dan setelah mau pulang, lakukan juga penghapusan terhadap semua cookies di browser. Kalau anda memakai IE, maka di Tools pilih Internet Options, kemudian klik delete cookies dan juga lakukan penghapusan di delete history, setelah itu klik OK. Agar apa-apa yang tadi baru kita buka, orang lain tidak dapat melacaknya.
Keempat, paling aman, gunakan Robo Form, jadi semua password di siapkan di PC rumah dengan menggunakan Robo Form (kebetulan sudah keluar Robo Form yg portable) http://www.roboform.com/pass2go.html. Mengapa, karena keylogger bukan hanya bisa merekam apa yang kita ketik, tetapi juga apa yang kita copy paste, dari file txt misalnya.

Kelima, buat yang sering main di warnet hati-hati dengan program radmin (PC Remote Control Software), biasanya program ini sering disalah gunakan oleh para operator warnet buat liat aktifitas internet kita. Kalo memang ada bisa dimatikan client server-nya di Windows Task Manager (CTRL + ALT + DEL) atau di uninstall saja. Tetapi ini sepertinya tidak bisa (uninstall).

Keenam, jangan lupa logout YM (yahoo messenger), MSN, friendster, dan yang lain-lain. Ini sering kejadian di warnet orang setelah pakai YM atau friendster lupa tidak meng logout terlebih dahulu sebelum meninggalkan PC. Kalau ini terjadi tidak menutup kemungkinan akan dapat di salah gunakan oleh orang lain.

Ketujuh, jangan buka rekening bank online atau google adsense dari warenet. Sama seperti informasi sebelumnya, kemungkinan bisa dibajak passwordnya. Dan kalau ini terjadi, anda akan tahu sendiri akibatnya. Kalau terpaksa, pilih warnet yg punya nama kalau ingin melakukan login/transaksi penting (terutama kalau ada sangkut paut sama duit, transaksi dan lain-lain), mahal sedikit nggak apa-apa, yang penting aman. Terkadang admin warnet juga suka iseng.

Kedelapan, kalau mengisi password, gunakan saja on screen keyboard. Dan sepertinya ini aman dari keylogger (pernah denger, mohon koreksi klo salah). cara menampilkannya: pilih start >run >ketik “osk” (tanpa petik) kemudian enter.

Demikian beberapa tips yang bisa saya bagi, dan semoga ada manfaatnya. Selamat berwarnet dengan aman.

Comments :

 

Masukan Email Anda:

Delivered by FeedBurner